Silabus Kelas VII K13
MODEL
SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH (SMP/MTs)
MATA
PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS VII
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN JAKARTA, 2017
KOMPETENSI
DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN
A. Kelas
VII
Alokasi waktu: 5
jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai
melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Siswa mampu:
3.1 menjelaskan dan menentukan urutan
pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
4.1 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa,
campuran, desimal, persen)
3.2 menjelaskan dan melakukan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi
4.2 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
3.3 menjelaskan dan menentukan representasi
bilangan dalam bentuk
|
Bilangan Bulat dan Pecahan
· Membandingkan bilangan bulat dan pecahan
· Mengurutkan bilangan bulat dan
pecahan
· Operasi
dan sifat-sifat operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
· Mengubah bentuk bilangan pecahan
· Bilangan Asli
· Bilangan Bulat
· Bilangan Prima
· Bilangan Persegi
· Kelipatan bilangan
· faktor persekutuan terbesar
· kelipatan persekutuan terkecil
· Menyatakan bilangan dalam
bentuk bilangan berpangkat bulat
positif
· Kelipatan persekutuan terkecil
(KPK)
· Faktor persekutuan terbesar
(FPB)
· Menyatakan bilangan dalam
bentuk bilangan berpangkat
|
· Mencermati permasalahan sehari-
hari yang berkaitan dengan
penggunaan bilangan bulat, Misal:
zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time), hasil pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut, ketinggian gedung, pohon atau daratan
· Mencermati urutan bilangan,
sifat-sifat operasi
hitung bilangan bulat, kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya
· Mencermati permasalahan sehari-
hari yang berkaitan dengan
penggunaan pecahan. Misal:
pembagian potongan kue, potongan
buah, potongan gambar, potongan selembar kain/kertas,
pembagian air dalam gelas,
dan sebagainya
· Mengumpulkan informasi tentang
KPK dan FPB serta dua teknik
menemukannya (pohon faktor dan
pembagian bersusun)
· Mengumpulkan informasi tentang
bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat
· Mengumpulkan informasi tentang
sifat-sifat penjumlahan dan
|
15
bilangan berpangkat
bulat positif dan negatif
4.3 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam
bentuk bilangan berpangkat bulat
positif dan negatif
|
bulat positif
· Kelipatan
persekutuan terkecil
(KPK)
· Faktor persekutuan terbesar
(FPB)
|
pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian pada
bilangan bulat dan pecahan
· Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat,
perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan
faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan
pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional
· Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan
bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan
bilangan rasional
|
Siswa mampu:
3.4 menjelaskan himpunan, himpunan
bagian, himpunan semesta, himpunan
kosong, komplemen himpunan dan melakukan operasi
biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
4.4 menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen
himpunan dan operasi biner pada
himpunan
|
Himpunan
• Menyatakan himpunan
• Himpunan bagian, kosong, semesta
• Hubungan
antar himpunan
• Operasi pada himpunan
• Komplemen himpunan
|
· Mengamati
penggunaan himpunan dalam kehidupan
sehari-hari. Misal: kumpulan hewan, tumbuhan, buah-buahan,
kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di Indonesia
· Mencermati
permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan, irisan antar himpunan,
gabungan antar himpunan, komplemen himpunan,
selisih, dan sifat-sifat operasi himpunan
· Mengumpulkan informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif pada
himpunan
· Menyajikan
hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifat-sifat operasi himpunan
· Memecahkan
masalah yang terkait dengan himpunan dan sifat-sifatnya
|
Siswa mampu:
3.5 menjelaskan bentuk aljabar dan
melakukan operasi pada bentuk
aljabar (penjumlahan,
|
Bentuk Aljabar
• Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar
• Operasi hitung bentuk aljabar
|
· Mencermati
masalah sehari- hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar
· Mencermati
bentuk aljabar dari berbagai model bentuk,
|
16
pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
4.5 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan
operasi pada bentuk aljabar
|
Penyederhanaanbentuk aljabar
|
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan
bentuk aljabar
· Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan
penyederhanaan bentuk aljabar
· Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta penyederhanaan bentuk
aljabar
|
Siswa mampu:
3.6 menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
4.6 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
Persamaan dan
Pertidaksamaan
Linear Satu
Variabel
• Pernyataan
• Kalimat terbuka
• Penyelesaian persamaan linear
satu variabel dan pertidaksamaan linear
satu variabel
|
· Mencermati
permasalahan sehari- hari
yang berkaitan dengan persamaan linear
satu variabel. Misal: panas
benda dengan
ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh
· Mengumpulkan informasi penyelesaian persamaan
dan
pertidaksamaan linear satu variabel melalui manipulasi
aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana
· Menyajikan
hasil pembelajaran tentang persamaan linear satu
variabel, bentuk setara persamaan linear satu variabel, dan
konsep pertidaksamaan
· Memecahkan
masalah tentang persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
Siswa mampu:
3.7 menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan
berbeda)
3.8 membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan table data, grafik, dan persamaan
4.7 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.8 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai
dan berbalik nilai
|
Perbandingan
• Membandingan dua besaran
• Perbandingan senilai
• Perbandingan berbalik nilai
|
· Mencermati permasalahan sehari-
hari yang berkaitan dengan
penggunaan konsep rasio atau perbandingan.
Misal: peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada
resep, campuran minuman, dan
komposisi obat pada resep obat
· Mengumpulkan informasi tentang
model matematika dari konsep
perbandingan sebagai hubungan fungsional antara
suatu besaran dengan besaran lain
berbentuk perbandingan senilai,
perbandingan berbalik nilai
· Mengumpulkan informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep
perbandingan
· Menyajikan hasil pembelajaran
perbandingan senilai dan berbalik nilai
· Memecahkan masalah yang
|
17
berkaitan dengan
perbandingan senilai den berbalik nilai
|
||
Siswa mampu:
3.9 mengenal
dan menganalisis berbagai situasi
terkait aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan,
kerugian, bunga tunggal,persentase, bruto, neto, tara)
4.9 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aritmetika social
(penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,
persentase, bruto, neto, tara)
|
Aritmetika Sosial
• Harga penjualan dan pembelian
• Keuntungan, kerugian, dan impas
• Persentase untung dan rugi
• Diskon
• Pajak
• Bruto,
tara, dan netto
Bunga tunggal
|
· Mencermati kegiatan-kegiatan sehari-hari
berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan
impas
· Mencermati cara menentukan
diskon dan pajak dari suatu barang
· Mengamati konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, netto, dan tara
· Mengumpulkan informasi tentang
cara melakukan manipulasi
aljabar terhadap permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika social
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang aritmetika social
· Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan aritmetika sosial
|
Siswa mampu:
3.10 menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat
dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
4.10 menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan hubungan antar
sudut sebagai akibat
dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
Garis dan Sudut
• Garis
• Kedudukan
garis
• Membagi garis
• Perbandingan ruas garis
• Pengertian sudut
• Jenis-jenis sudut
• Hubungan
antar sudut
Melukis sudut
|
· Mencermati model gambar atau objek yang menyatakan titik, garis, bidang, atau sudut
· Mencermati permasalahan sehari-
hari yang berkaitan dengan
penerapan garis dan sudut
· Mencermati kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut, hubungan antar sudut
· Mencermati sudut-sudut yang terbentuk dari
dua garis yang dipotong oleh garis transversal
· Mencermati cara melukis dan membagi sudut menggunakan jangka
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang garis dan sudut
· Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan garis dan sudut
|
Siswa mampu:
3.11 mengaitkan rumus
keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajar genjang, trapezium, dan lyang-layang) dan segitiga
|
Bangun Datar (Segi
empat dan segitiga)
· Pengertian segi empat dan
segitiga
· Jenis-jenis dan sifat-sifat bangun datar
· Keliling
dan luas segi empat
|
· Mencermati benda di lingkungan sekitar
berkaitan dengan bentuk segitiga dan segi empat
· Mengumpulkan informasi tentang
unsur-unsur pada segi empat dan
segitiga
· Mengumpulkan informasi tentang
jenis, sifat dan karakteristik
|
18
4.11 menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajar genjang,
trapezium, dan layang-layang) dan segitiga
|
dan segitiga
· Menaksir
luas bangun datar yang tak beraturan
|
segitiga dan
segi empat berdasarkan ukuran dan
hubungan antar sudut dan sisi-sisi
· Mengumpulkan informasi tentang
rumus keliling dan luas segi
empat dan segitiga melalui
pengamatan atau eksperimen
· Mengumpulkan informasi tentang
cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan pendekatan luas segitiga dan segi empat
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang segi empat dan segitiga
· Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan segi empat dan segitiga
|
Siswa mampu:
3.12 menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (table, diagram garis,
diagram batang,
dan diagram lingkaran)
4.12 menyajikan dan
menafsirkan data dalam bentuk table, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran.
|
Penyajian Data:
· Jenis data
· Tabel
· Diagram
garis
· Diagram
batang
· Diagram
lingkaran
|
· Mencermati penyajian data
tentang informasi di sekitar yang disajikan dengan
tabel, ataupun diagram dari berbagai sumber media. Misal: koran, majalah, dan televisi
· Mencermati cara penyajian data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
· Mengumpulkan informasi tentang
jenis data yang sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk
tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
· Mengumpulkan informasi tentang cara menafsirkan data yang disajikan dalam
bentuk tabel, diagram garis, diagram batang,
dan diagram lingkaran
· Menyajikan hasil pembelajaran
tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram
batang, garis, dan lingkaran
· Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram
batang, garis, dan lingkaran
|
Komentar
Posting Komentar